rss

Jumat, 04 Maret 2011

Anatomi Tumbuhan : SEL TUMBUHAN part 1

Bismillah.. pada hakekatnya. sel adalah suatu fungsional terkecil dalam mahluk hidup. sel adalah organisasi kecil dalam hidup kita. apabila saya merujuk pada salah satu materi tentang manajemen organisasi. yang dituturkan oleh kang tri. (pemateri pada saat training organization) bahwa kita harus meniru sel. karena setiap bagian bagian nya memiliki peran peran tersendiri.dan disiplin dalam melaksanakan nya. luar biasa.


Pada tumbuhan, mari kita lihat penampang sel secara global :



 Ada satu fakta unik pada sel tumbuhan ini. yaitu mengenai kontroversi ada atau tidaknya sentriol (pada hewan) atau sentrosom (pada tumbuhan.). pembelahan sel pada hewan itu terjadi lekukan kedalam. akibat ulah sentriol yang menghasilkan benang gelendong. sehingga tertarik sampai terbelah. sedangkan tumbuhan karena struktur dinding sel nya yang keras dan kuat . karena terbentuk dari selulosa, maka proses pembelahan sel nya dari dalam. melalui vesikel yang berkumpul menjadi satu garis sehingga membelah. jadi pada hewan jelas ada. sedangkan pada tumbuhan tidak ada sentrosom.

Sel tumbuhan adalah sel eukariotik. yaitu sel yang sudah mempunyai membran inti.maksudnya. sudah bisa dibedakan adanya protoplasma dan organ organ nya.
Sel biasanya mempunyai 1 inti, tapi pada sel yang sudah dewasa dapat mengalami perubahan, 
-lama kelamaan ,ada yang menghilang intinya, misalnya sel tapis pada floem
-ada yang malah intinya nambah misalnya latisifer . sel multi ini biasa terdapat dalam seluruh organisme, misalnya pada beberapa jamur dan ganggang. namun, sel multi-inti ini ada juga yang sementara dalam perkembangan menjadi suatu jaringan, misalnya endosperm. pendapat yang banyak diterima adalah setiap inti bersama sama dengan protoplasma disekelilingnya membentuk sel tanpa dinding. sehingga seluruh multi inti merupakan bagian dari kelompok protoplasma yang membentuk  suatu struktur yang disebut coenocyte.

Beberapa fakta unik  tentang sel:
 1. Dalam sel ada yang protoplasmik : Isinya hidup.  Non protoplasmik : Isinya tidak hidup
2. Sel akan terus berkembangbiak sampai seterusnya sampai kita mati. dengan cara menggandakan diri.
3. virus itu tidak diklasifikasikan sebagai mahluk / organisme karena untuk mereplikasi / memperbanyak diri memerlukan inang.

Sel tumbuhan itu tersusun oleh komponen komponen yaitu:
  • Gula, senyawa sumber makanan sel
  • Asam amino , merupakan sub unit dari protein
  • Asam Lemak. komponen dari membran sel
  • Nukleotida , merupakan subunit dari DNA dan RNA.


Pada sel, terbagi menjadi 2 yaitu: 
1. Dinding Sel
2. Protoplas

Nah segini aja dulu ya. kepala saya udah mules. haha nanti di lanjutin lagi.. 



0 komentar:


Posting Komentar