rss

Kamis, 03 Maret 2011

Anatomi Tumbuhan : Mengenal Lebih Dekat Si Wortel

Bismillah. selamat pagi kawan kawan. saya akan mengulas. tentang barang barang yang harus dibawa ke LAB. dan salah satunya adalah makanan yang diidentikan dengan kelinci (nah loe?) ia gitu? haha. yasudah ini dia. check this out!!
wortel
nah tumbuhan yang berwarna orange ini memang cukup keren ya.. baik untuk menjelaskan nya saya akan mulai dari bentuk :

wortel atau nama lain nya Daucus carota adalah morfologis. atau perubahan bentuk dari batang dan atau akar. nah wortel ini termasuk umbi (tuber) akar. karena akar nya mengalami pembengkakan (nah loe?) haha. menjadi cadangan makanan. kalo kita makan si wortel ini terasa agak manis dan berair ya . ^_^
selain itu Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih. pernah liat lom bunga wortel? ne gambarnya:


Ne adalah bentuk dari Daun, bentuknya majemuk berganda (bipinnatus), pangkal tangkai melebar menjadi upih, lonjong, tepi bertoreh, ujung runcing, pangkal berlekuk, panjang 15-20 cm, lebar 10-13 cm, pertulangan menyirip, berwarna hijau. Bunga berkumpul dalam payung majemuk, mahkota berbentuk bintang, halus, berwarna putih. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m. 

Secara keseluruhan tanaman wortel paling berkhasiat adalah bagian umbinya.Tanaman wortel banyak ragamnya, tetapi bila dilihat bentuk umbinya ada 3 golongan, yaitu :


a) Tipe Chantenay, berbentuk bulat panjang dengan ujung yang tumpul.
b) Tipe Imperator, berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing.
c) Tipe Nantes, merupakan tipe gabungan antara imperator dan chantenay.

Anatomi dan fisiologi dari wortel.
Sistem pembuluh primer pada akar dan batang saling berbeda, seperti yang telah dikemukakan dari strukturnya dan dari arah perkembangan radialnya. Protoxilem dalam akar itu eksark sedangkan pada akar itu endark. Xilem dan floem tersusun berseling dalam akar, sedangkan pada batang biasanya kolateral. Karena perbedaan-perbedaan dalam rancangan fungsional dari sruktur aksial yang murni pada akar dan pada batang yang dilengkapi struktur tambahan, maka terdapat perbedaan-perbedaan mendasar yang penting dalam pola system pembuluh kedua organ tersebut.
Pada Daucus carota, tiga berkas memasuki setiap kotiledon. Berkas median di antara ketiga runutan ini terdiri atas untai xylem eksark yang berkesinambungan dengan protoxilem akar dan secara lateral disertai dua untai floem. Dalam untai ini dapat ditelusuri diferensiasi sentripetal untuk jarak tertentu ke dalam kotiledon. Berlawanan dengan ini, setiap runutan kotiledon lateral itu kolateral dengan floem eksternal dan xylem endark di sebelah dalam. Di seluruh panjangnya berkas-berkas ini, diferensiasi xylem berlangsung dalam arah sentrifugal. Berkas-berkas ini berasal dari bagian tengah xylem di akar-akarnya.
 Oleh sebab itu, dalam hal Daucus itu, terdapat kelanjutan yang pasti, tanpa pembalikan apapun, di antara system pembuluh primer pada ktiledon dengan yang terdapat pada sumbu bersamadi hipokotil-radikula. Pada Daucus, meristem apical pada epikotil berhenti membentuk primordium daun setelah penebalan sekunder itu diawali di daerah hipokotil-radikula. Runutan kolateraldaun-daun lebar ini bergabung dengan jaringan pembuluh sekunder pada hipokotil dan akar.
Daun Daucus yang normal mempunyai 2-3 lapisan sel palisade dengan banyak kloroplas, yang mengelilingi dan dengan bebas mengatur sel parenkima seperti bunga karang/ spons (terdiri dari sel dari ukuran dan bentuk yang berbeda. Stomata ada di epidermis.

Green Shoulders adalah suatu kekacauan fisiologis dalam Daucus yang disebabkan oleh akumulasi butir hijau pigmen daun pada mahkota. Green Shoulders mempengaruhi penampilan dan mutu akar dan membuat akar menjadi tak layak untuk dikonsumsi karena rasa pahitnya. Hampir 1 juta pon Daucus yang diproses berisi Green Shoulders. Daucus menunjukkan epigeal perkecambahan. Hipokotil menyusun sekitar satu inci bagian atas organ penyimpanan. Hipokotil menyatukan butir hijau daun yang tergantung pada jumlah langit-langit daun.



Warna oranye tua pada Daucus menandakan kandungan beta karoten yang tinggi. Makin jingga warna wortel, makin tinggi kadar beta-karotennya. Kadar beta-karoten yang terkandung dalam wortel lebih banyak dibanding kangkung, caisim dan bayam. Beta karoten ini dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Kandungan tinggi antioksidan karoten juga terbukti dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif. Beta karoten yang menyebabkan warna oranye pada wortel bisa juga menimbulkan warna kekuningan pada kulit manusia yang kebanyakan minum jus atau perasan wortel. Meskipun demikian warna kuningnya berbeda dengan yang menderita sakit kuning demikian pula warna matanya tidak kuning. Bahkan ada juga yang memanfaatkan perasan wortel sebagai minuman pemutih kulit.


Kandungan potasiumnya yang tinggi bisa menetralkan keasaman darah yang kelewat tinggi pada pecandu rokok, alkohol dan pemakai obat-obatan berbahaya. Potasium yang terkandung dalam wortel juga berpotensi untuk membantu menjinakkan racun, terutama logam berat yang ditimbulkan polusi udara. Untuk itu jus wortel dapat dikombinasikan dengan kacang polong, kentang, kol dan tomat.
Wortel mengandung enzim pencernaan dan berfungsi diuretik. Meminum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukkan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung dan hati. Sementara mengunyah daun wortel dapat menyembuhkan luka-luka dalam mulut dan menghilangkan napas bau, gusi berdarah dan sariawan.



Pigmen yang etrdapat dalam wortel adalah karoten. Istilah karoten digunakan untuk menunjuk ke beberapa zat yang berhubungan yang memiliki formula C40H56. Karoten adalah pigmen fotosintesis berwarna oranye yang penting untuk fotosintesis. Zat ini membentuk warna oranye dalam wortel dan banyak buah dan sayur lainnya. Dia berperan dalam fotosintesis dengan menyalurkan energi cahaya yang dia serap ke klorofil. Secara kimia, karoten adalah terpena, disintesis secara biokimia dari delapan satuan isoprena. Dia ada dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karoten (α-karoten) dan beta-karoten (β-karoten). Gamma, delta, dan epsilon (γ, δ dan ε-karoten) juga ada. Beta-karoten terdiri dari dua grup retinil, dan dipecah dalam mukosa dari usus kecil oleh beta-karoten dioksigenase menjadi retinol, sebuah bentuk dari vitamin A]. Karoten dapat disimpan dalam hati dan diubah menjadi vitamin A
Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-carotene yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. 

 Wortel sangat berguna sebagai tumbuhan pendamping bagi petani. Wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat jika ditanam secara bersamaan. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang dan membunuh hama kebun. hal ini sangat direkomendasikan bgt. karena untuk mengurangi ketergantungan petani memakai pestisida. pada kenyataannya ini juga melestarikan keanekaragaman lingkungan sesuai asas dasar lingkungan hidup. meningkatkan siklus energi yang ada disana. sehingga akan terjadi ketenangan "walaupun hanya mendekati seperti garis asimtot" selain itu beguna untuk tumbuhan ini juga berguna bagi kita manusia.makan makanan sehat yang anti pestisida, yang memicu kanker. selain itu kondisi tanah tidak akan tercemar zat zat patogen sehingga rantai makanan kemungkinan besar tidak akan tercemar zat karsinogenik. tinggal bagaimana pemerintah melek untuk mensosialisasikan fakta ini. pemerintah harusnya sadar. bahwa generasi yang kuat adalah generasi yang sehat. baik fisik (jasad) ataupun pemikiran dan rohani nya. demi kemajuan bangsa indonesia.

sumber :
www.wikipedia.com
http://toiusd.multiply.com/
Buku morfologi tumbuhan karya gembong tjitrosoepomo. 





  

2 komentar:

Unknown on 8 Februari 2015 pukul 13.25 mengatakan...

izin copy ya

Unknown on 8 Februari 2015 pukul 13.25 mengatakan...

terimakasih


Posting Komentar